Menu Hari Ini : Tahu Gimbal

Waktu anak-anak kantor ngomongin makan siang, saya lagi kepingin makan lotek, tapi males keluar.. jadi saya nitip sama temen sebelah buat beliin lotek. Saya kaget waktu dia tanya “lotek itu apa?” Hahh.. masih sama-sama di pulau jawa kok nggak tau lotek? Saya jelasin kalau lotek itu salad tradisional, sayur mayur disiram kuah kacang..

“tahu gimbal?” tanyanya masih belum tau

“bukan, tahu gimbal itu kan bakwan jagung.. “

Ternyata di daerah Demak, lotek itu disebutnya Rujak. Nah lo.. Setau saya rujak itu kan Buah-buahan dipotong kecil-kecil terus dimakan pake sambel dan eskrimm..

Setelah ngerti lotek yang dimaksud apa, akhirnya mereka beli makan, saya pesen rujak dan tahu gimbal, saya nunggu di kantor dengan tenang sambil menikmati koneksi yang kenceng :D. Beberapa menit kemudian makanan datang, karena hujan mereka hanya membelikan tahu gimbal saja. “harganya 9000 mbak!” Saya kaget, sepengetahuan saya, tahu gimbal itu adalah bakwan jagung yang harganya 500. ketika saya buka bungkusnya saya tambah kaget lagi, ternyata tahu gimbal itu bukan bakwan jagung seperti yang saya pikirkan ! Seperti apakah rupa Tahu gimbal? apakah seperti mbah surip? ^^;

Tahu gimbal, makanan khas Demak

Jadi tahu gimbal ini sejenis makanan yang isinya tahu, telur, peyek udang, lontong, kobis, dan tauge.. disiram kuah kacang dan ditambah krupuk! Enak sekalii pemirsaaaaaaaa… sumpah enak banget! rasanya asin, pedes, paduan kuah kacang sama toppingnya beeeuuhh.. mantep banget deh.. setelah saya sedih-sedih meninggalkan jogja rasanya jadi sedikit terhibur makan makanan seenak ini.. 🙂

Kalo jalan-jalan ke Demak coba deh beli tahu gimbal.. Rasanya enakk!

2 pemikiran pada “Menu Hari Ini : Tahu Gimbal

Tinggalkan Balasan

