459b9511a7f650ebd327889c45cc4e9b

dear narablog.. ini cerita buat menuhin tugas keamanan komputer yang dikasih dosen di kampus.. cerita ini fiksi belaka, ada sih yang memang pernah saya alami, dan sebagian lagi hasil sharing temen-temen soal sosial engineering. so.. enjoy it.. 😀

♫♫

“lahir 14 oktober, tempat tinggal orang tua di jl. jendral sudirman, hari kamis jam 10.40 kuliah statistik di ruang 2.3.2, belum bayar spp variable jadi nggak bisa ambil KRS..”

Humm?? Tau sedetail itu? Naksir sih naksir.. tapi masa sampe segitunya, tau alamat rumahku di Pagaralam lagi, dapet darimana dia? Tau jadwal kuliahku juga, ngikutin aku tiap hari? Dan sejuta pertanyaan lain muter dikepalaku saat itu.

“gimana? Bener kan?” tanyanya dengan nada bangga, orang yang sedang menelponku dan membeberkan info-infoku ini adalah mas Shinichi, kenalanku di dunia maya yang ternyata adalah mahasiswa kampus ungu, kampusku. Belum juga aku menjawab, aku mendengar suara seseorang dibelakangnya “jelas lah bener, kamu baca langsung dari student centernya di web kampus.. ”  heh?? Masuk student center ku? Kok bisa? Kayaknya aku nggak pernah ngasih pasword login mahasiswaku ke siapa-siapa.

Mulanya ku pikir dia adalah orang yang emang ngurusin web kampus.. tapi ternyata bukan sama sekali. Dia cuma mahasiswa biasa, mmm.. lebih cocok dibilang Mahasiswa nggak biasa deh kayaknya.

Susah emang kalo kita dari awal nggak ngerti apa-apa soal keamanan komputer tiba-tiba ketemu sama orang yang ngasih tulisan I love you aja pake di enskrip, atau tiba-tiba dikasih alamat web yang homepagenya udah diacak-acak terus diganti sama ucapan “happy birthday, Sa…” so sweet… sekaligus rada takut.. takut, gimana kalo ntar dia diminta agen FBI buat jadi securitynya, terus disuruh ganti identitas… terus aku ditinggalin.. ^^; (pikirian yang berlebihan) 😀

Konon, dia adalah orang yang make dingdong (komputer yang tersedia di kampus buat sarana ngenet gratis) buat download sesuatu, terus sesuatu itu disimpen di server kampus.. hmm.. menarik..  “nggak punya komputer bukan alasan buat berenti belajar Sa..” katanya waktu itu. Saat it aku tau ternyata dia bukan sekedar mas-mas aneh yang suka ngintipin data mahasiswaku.

“Sa.. tau nggak..” katanya waktu kita lagi chatingan di facebook “keamanan facebook bagus banget loh.. kan aku nulisin passwordku, terus tak kirim ke kamu pake pesan Fb masa jadi ***** passwordnya… coba cek inbok deh..” lanjutnya . aku membuka inbok , ada pesan yang berisi “ini paswordku FB ku Sa, *******”

“kok bisa sih?” Tanyaku polos

“nggak tau.. kamu coba aja..” ujarnya, dan dengan dodolnya aku menuliskan password facebookku kemudian ku kirim ke dia. Sedetik setelah aku mengirimkan pesan berisi password aku baru sadar. Aarggghhh………… dasar hacker sialan. (^_^”)

( Sa_ )

Iklan

49 pemikiran pada “459b9511a7f650ebd327889c45cc4e9b

  1. wah aku ikut2 coba ah…

    sapa tau bisa…

    hmm.. ini namanya social engineering,,, pak falsadikin dulu pernah berpesan ma aku,

    “dalamin aja tuh social enginering, hacker hebat pun make teknik ini koq.. oke..”

    gitu sih katanya… :p

  2. hehehe ketipuuu yeee… 😀
    sebagai anak yg kuliah di bidang IT harusnya tanggap dan merasa aneh, kenapa gak coba kasih password palsu dulu 😀

  3. sempet bingung ama judulnya apaan??(malah saya ngartiinnya pake kalkulator *iya iya ni gak nyambung bnaget!!)

    hehehe tapi saya mo jujur pada mu sebenernya dia tu adalah …………
    …………
    …………

    hmmm….

    DIA ADALAH SAYA (malu dengan muka memerah)

  4. kwakakakakakakak………
    atu aku ni siapa orang yang dimaksud….
    sahabat ane tuh….
    Sinichi Kudo….
    wakakakaka
    ternyata dia meninggalkan banyak jejak di hati ce pagar alam yak…

  5. iy jg sih.. kebanyakan mereka (yg di sebut aneh oleh beberapa orang) tu memanfaatkan kelalaian target.

    ex: orang yg doyan ngnet-ngblog-fban-etc, secara ga disadari org tsb pasti pnah publish biodata sendiri… klo dah gtu perkara mudah bwat nyari minimal alamat rumahnya, letak rumahnya, dll yg mungkin sangat secret

    ps: cuma ngayal.. kali ja bener ^__^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s