Belanja Online

well, kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya belanja online via facebook.. hehe… tapi sebelumnya saya mau review sedikit deh.. belakangan ini online shop menjamur di situs jejaring sosial bernama facebook, berbagai barang dagangan  dipromosikan dan berharap banyak yang membeli dari sana.. sistem penjualannya sendiri cukup sederhana, komen di foto barang yang kamu suka kemudian transfer uangnya via atm.. dan si sista *sebutan bagi yang jualan ataupun yang beli* akan mengecek transerfan kemudian mengirim  barang dagangan via tiki atau jne

mulanya, saya sangat tertarik dengan cara penjualan seperti ini..  kita bisa melihat bermacam-macam dagangan hanya dengan duduk di depan kompie, menawar sesuka hati * kalo nggak punya malu* sampai menghemat  beberapa rupiah dibandingkan jika kita belanja secara tradisional  *uangnya pasti abis buat beli bensin, karena muter-muter, belum lagi capek  dan panas yang menjadi penghalang* dengan adanya penjualan online tentu saja mempermudah orang-orang yang memiliki pemikiran seperti saya.

itu mulanya.. namun, pemikiran saya pun kemudian berlanjut ketika saya mencoba mengamati aktivitas jualan tersebut. ceritanya neh, saya berniat  beli tas, saya sengaja bikin account baru untuk shopping online karena tidak mau account saya yang lama penuh dengan tag-tag foto barang dagangan

oke, saya pun mulai disibukkan dengan window shopping online *sebutan keren buat kata -melihat-lihat- * kebanyakan produk yang dijual tentu saja baju, sepatu, dan tas. Dari yang ready stok sampe pre order.. yang baru sampe yang second, dari yang harganya sepuluh ribu sampe harganya ratusan ribu.

bajunya sih lucu-lucu.. beberapa bakal kita temukan kalau kita dah capek keliling sampe mampus di dunia nyata *lebay*. ada juga tas-tas, nah, tas di ol shop fesbuk ini kebanyakan handmade, yang menurut saya keren dan unik *Saya suka barang handmade* tapi sayang harganya mahal.. setelah saya keliling kesana kemari dari ol shop yang satu ke ol shop yang lain saya jadi mikir, kok harganya mahal-mahal ya.. kebanyakan barangnya lebih mahal daripada kita beli di toko secara langsung

saya juga heran, setahu saya kalo toko online tuh harusnya menjual barang dengan harga lebih murah, secara mereka kan nggak nyewa tempat. cuma butuh beberapa menit bikin account di fb.. gratis nggk pake bayar.. kok harga jualannya malah lebih mahal??

Ada nih tas yang lagi musim di kalangan sista-sista di kost saya yang saya lihat di facebook. sista di kost saya berhasil mendapatkan tas tsb dengan harga Rp. 40rb rupiah saja dan dia beli di toko dunia nyata. jelas saja saya kaget karena tas yang *saya yakin banget* kualitasnya sama dijual dengan harga 65rb di ol shop dan belum termasuk ongkos kirim.  jika termasuk ongkos kirim harga totalnya bisa mencapai 80rb rupiah..

gilaa.. bisa dapet dua neh.. begitu pikir saya.. dan saya pun urung membeli tas itu…

kejadian kedua waktu saya mau beli dress.. bentuknya lucu, kayaknya bagus banget kalo saya yang make 😛 harga di salah satu ol shop fesbuk Cuma 70rb dibandingkan dengan foto-foto lain yang mencantumkan harga Rp. 120.000 saya pikir dress nya sudah murah..

o.0 tapi tunggu duluu.. setelah saya iseng maen ke malioboro mall dress yang sama cuma dihargai 4Orb! apa-apaan inii?? wahh wahh..

memang sih tidak semua produk yang dijual harganya lebih mahal daripada di dunia nyata. saya pernah nemu baju seharga 37rb, padahal kalo di dunia nyata dijual seharga 55rb.. fiuhh.. ada untungnya juga ya saya sering liat-liat harga baju.. 😛

bagi pembaca yang banyak duit pasti mikir “apaan sih orang cuma beda dikit” tapi buat saya yang anak kost dengan kiriman pas-pasan selisih segitu bisa dipake buat yang lain…

karena malu selama ini cuma liat-liat, dan komen-komen nggak jelas tanpa beli akhirnya saya memutuskan untuk membeli sebuah baju dari *sensor* shop, lumayan harganya  40rb dan gratis ongkos kirim..hoho.. saya pun sms sista yang jual, singkat cerita saya transfer deh uangnya.. tapi ternyataa eh ternyataa.. ketika transfer udah  sampe sistanya sms “say maaf, bajunya nggak ketemu… aq jg nggk tau dimana.. ” hadoohhhh.. niat jualan nggak to?? saya tanya “kok gitu sist, barangnya g ada kok ditawarin?” eh sistanya bilang “kalo nggak ketemu aq balikin lagi uangnya sist… maaf ya..” hikz hikz.. padahal saya dah naksir tuh baju.. masa ternyata barangnya nggak ada??

tapi ya sudahlah.. ini akan jadi pelajaran berharga buat saya.. setidaknya saya mendapatkan hal berikut dari pengalaman kecil diatas kalau mau beli online:

1. pastikan barangnya nggak atau jarang dijual di toko nyata, kalau ada di toko dunia nyata pastikan lebih murah dari yang di dunia nyata, perhatikan juga ongkos kirimnya *penting*

2. lihat ol shopnya, berapa jumlah temannya, udah ada yang pernah beli apa belum,  perhatikan testi pembelinya

3. buat jaga-jaga, nggak usah beli barang yang harganya ratusan, kecuali udah bener2 terpercaya tuh tokonya

4. kalo nggak yakin nggak usah beli.. turuti kata hati, nggak usah turuti baju lucu hoho..

eh ternyata ini kesekian kalinya saya gagal beli sesuatu secara online.. *yg lain bisa dibaca disini* mungkin bukan jodoh saya membeli sesuatu di dunia maya.. haha..

so… ada yang tertarik belanja online atau malah sudah berpengalaman belanja online??? share disini yaa.. 🙂

note: review hanya dari ol shop yg berada di facebook berdasarkan pengalaman pribadi

54 pemikiran pada “Belanja Online

  1. Memang ada untung ruginya belanja di dunia nyata dan di dunia maya.
    Jika di dunia nyata kita bisa lngsung megang2 dan meneliti barangnya, kalau di dunia maya hanya lihat gambarnya.

    Menurut saya enak du=i dunia maya, karena sepulang belanja bisa ngembat bakso plus es teler he he he he.

    Kalau uan sudah di transfer dan ternyata barang gak ada kan repot. Iya kalau di kembalikan uangnya, kalau enggak kan rugi. Maklum dunia maya, ya ada yg maya beneran nduk.

    Salam hangat dari Surabaya

  2. Saya masih takut dengan belanja online apalagi yang menjual bukan toko yang permanent 😯 karena ada oengalaman buruk dengan uang belanjaan.
    Salam kenal serat jabat erat selalu dari Tabanan

  3. kalau media online buat aq cuma untuk promosi aja, kalau transaksinya sih langsung ketemuan sama yang beli (aku jual tupai di kaskus, mana mungkin kan tupai dikirim lewat pos :mrgreen: )

    kalau belanja online juga pernah.. tapi belanja domain:mrgreen:

  4. hahaha… g dapet bajunya ya.. cari aja yang lain, masih banyak yang lebih bagus to??
    🙂

    salam kenal.. saya baru memulai blog wordpress, jadi cari2 teman. saya kurang tahu apa di wordpress ada cara seperti di blogspot yang saling mem-follow.. yang saya tahu cuma berlangganan via surat elektronik ya? ato dengan menambah tautan.

    senang jika Anda bisa berkunjung dan meninggalkan komentar.

    • iyaa.. yg lain masih banyak.. *tapi pengen yg ituu.. :D*
      salam kenal juga.. saya juga kurang tau.. yang penting saling berkunjung saja kalo menurut saya..
      dipasang di blogroll tapi nggk pernah berkunjung ya sama aja.. 😀
      insya4wl saya akan berkunjung balik.. 🙂

  5. mungkin mahal karena yang buka toko online postingnya dari warnet kalee 🙂 trus pulangnya naik taxi 🙂

    oia bacground mp3 mantap beud neh wi i luv it 🙂

  6. Enakan di dunia nyata, bisa dipegang2, dijajal2, itung2 olahraga jg, tapi pas dijajal di toko kadang bagus, pas di rumah njelehi ya ada, tp kalo yg ol gmana?…. Lewat online kayakny cuman dapet gengsiny doang, online tu kalo perlu dari luar negeri skalian.. hhaha… Berarti sampean ora waris mba’ belanja online… 😀 mending ke pasar dunia nyata, apa pasar gaib yg di gn merapi sana… hha

      • jarang ditemui karena exclusive kali tu, hheh
        pake pintu kemana sajanya doraemon saja… 😀
        paling jualan telo bakar sama kopi cap kadal…. 😆

  7. Iya menurutku barang di online shop itu agak mahal mahal si, jadi mungkin pasarnya mungkin bukan di jawa.

    tau sendiri kan kalo diluar jawa harga barang mahal-mahal,nah bukan target konsumenya ya dari luar jawa, kalo yang dalam jawa ngeliat barang online shop mahal mahal

    *pengalaman jualan online hehe

    mari berkunjung ke blogku ya !

  8. 😆

    sori… dateng2 kok ketawa.. tapi yah… suka dukanya belanja online… makanya juga ga semua orang suka belanja online… aku sendiri sih sebenernya seneng beli sesuatu yang harus bisa saya pegang dulu…

    tapiii… kok ya jadi malah punya online store ya? wakakakakak… entahlah… bisnis yang menarik… tapi kalo barang yg ditawarin ternyata ga ada… waaahhh itu sih kelewatan kali… mungkin dia ga pernah tau stock nya sendiri… ga niat juwalan :mrgreen:

    hehe… btw makasih ya postingannya… bisa jadi masukan buat saya yang lagi hot2nya juwalan online 🙂

    salam kenal…

  9. salam kenal, gw shoper OL sejati, kebetulan gw bukan tipe yang mampu keliling2 mall buat nyari baju, gak kuaaaatttt, nawar aja gw gak sabar. Maka semua barang gw boleh beli OL. Beda 5rb-10rb gw anggap wajar buat ganti biaya transport n makan, tapi kemarenan gw kaget banget, gw beli tas harganya 150rb, buat gw termasuk mahal…tapi rela2 gw beli, krn buat ngantor, berharap tetep gaya dan laptop keangkut..terus ada gw yang masih kuliah bilang gini..tas lo baru…50ribu yak…gw liat banyak tuh diblok M….gubraaag…jauh amat ya harganya..gile benerrr, nyesek juga gw dengernya, mending gw jalan dah kalo gtu, beda 100rb cing…dan ade gw dengan tersenyum dia bilang….lo di tepuuuuuuu….:(

    • buset dah.. beda seratus ribuu?? haha.. belum rejeki mb.. sabar aja..itung2 buat pengalaman.. hehe..
      ne kalo di jogja masih banyak barang murah-murah.. makanya lebih enak beli langsung kayaknya daripada beli ol..
      lam kenal juga yaa.. 🙂

Tinggalkan Balasan

